Kamis, 05 Oktober 2017

Dump Truck Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Dump Truck Beserta Fungsinya
1.Dump Truck
Dump truck pertama kali di perkenalkan di Saint John, New Brunswick ketika Robert T. Mawhinney memasang kotak dump pada sebuah truk dengan bak model rata (flatbed) di tahun 1920. Perangkat untuk mengangkat adalah sebuah winch yang dihubungkan dengan kabel dan puli katrol yang terpasang pada tiang di belakang kabin truk.
Dump truck (dump truk) adalah kendaraan jenis yang digunakan untuk mengangkut bahan material seperti pasir, kerikil atau tanah untuk keperluan konstruksi. Dump truck dapat memindahkan material pada jarak menengah sampai jarak jauh (500 meter – up). Isi muatannya diisikan oleh alat pemuat, sedangkan untuk membongkar muatannya alat berat ini dapat bekerja sendiri dengan mengangkat bagian bak dengan menggunakan teknologi hidrolik.
Secara umum, dump truk dilengkapi dengan bak terbuka yang dioperasikan dengan bantuan hidrolik, bagian depan dari bak itu bisa diangkat keatas dan bagian belakang bak berfungsi sebagai engsel atau sumbu putar sehingga memungkinkan material yang diangkut bisa melorot turun ke tempat yang diinginkan. Dump truck biasa digunakan dalam industri pertambangan untuk memindahkan material hasil tambang ataupun material tanah. Kapasitas sebuah Off-Road Mining Dump Truck ditentukan oleh kapasitas dump body-nya.

A.Jenis-Jenis Dump Truck
Kendaraan alat berat dump truck terdiri dari dua golongan jika ditinjau dari besar muatannya :
·        On High Way Dump Truck (muatan dibawah dari 20 m3)
·        Off High Way Dump Truck (muatannya diatas 20 m3)
Kapasitas truk yang dipilih harus seimbang dengan alat pemuatnya (loader), jika perbandingan ini kurang proporsioanal, maka kemungkinan loader ini akan banyak menunggu atau sebaliknya. Beberapa pertimbangan (keuntungan dan kerugian) yang harus diperhatikan dalam beberapa pemilihan ukuran truck adalah sebagai berikut: Kapasitas Truk Volume material yang diangkut harus sesuai dengan kapasitas truk. Jika pengangkutan material oleh truk dilaksanakan melampaui batas kapasitasnya maka hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, seperti:
a. Konsumsi bahan bakar bertambah.
b. Umur ban berkurang.
c. Kerusakan pada bak.
d. Mengurangi produktivitas.

Kapasitas dan ukuran truk sangat bervariasi. Oleh karena itu, pemilihan ukuran truk sangat penting karena truk besar atau kecil akan memberikan beberapa keuntungan dan kerugian.
A. Truck Kecil (On High Way Dump Truck) Kelebihan truck kecil terhadap truk besar:
1. Lebih lincah dalam beroperasi dan lebih mudah mengoperasikannya.
2. Lebih fleksibel dalam pengangkutan jarak dekat.
3. Pertimbangan terhadap jalan kerja lebih sederhana.
4. Penyesuaian terhadap kemampuan loader lebih mudah.

Kerugian truk kecil terhadap truk besar :
1. Kesulitan bagi alat pemuat dalam memuat material.
2. Jumlah truk yang banyak maka waktu antrean akan besar.
3. Memerlukan lebih banyak supir.
4. Meningkatkan investasi karena jumlah truk yang banyak.

B. Truk Besar (Off High Way Dump Truck) Keuntungan truk besar terhadap truk kecil :
1. Jumlah truk yang sedikit menyebabkan investasi berkurang (bensin, perbaikan, dan perawatan).
2. Kebutuhan supir yang tidak banyak.
3. Memudahkan alat pemuat dalam memuat material.
4. Waktu antre akan berkurang.

Kerugian truk besar terhadap truk kecil:
1. Bila alat pemuat kecil maka akan memperbesar waktu muat.
2. Beban yang besar dari truk dan muatannya akan mempercepat kerusakan jalan.
3. Jumlah truk yang seimbang dengan alat pemuat akan sulit didapat.
4. Pengoperasiannya lebih sulit karena ukurannya yang besar.

Jika dilihat dari cara pengosongan muatan, jenis truck dapat dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. End-Dump atau Rear Dump
Dump Truck jenis ini mengosongkan muatannya dengan cara ditumpahkan ke belakang. Dari semua jenis truk maka rear dump truck adalah alat yang paling sering dipakai. Truk mempunyai kelebihan dibandingkan dengan wagon karena truk lebih kuat jika harus bergerak pada jalan menanjak. Cara kerja pembongkaran alat tipe ini adalah material dibongkar dengan cara menaikan bak bagian depan dengan sistem hidrolis. Rear- dump truck dipakai untuk mengangkut berbagai jenis material. Akan tetapi material lepas seperti tanah dan pasir kering merupakan material yang umum diangkut oleh dump truck.

2. Side-Dump
Dump Truck jenis ini mengosongkan muatannya dengan cara ditumpahkan ke samping. Saat pembongkaran material harus memperhatikan distribusi material dalam bak. Kelebihan material pada salah satu sisi dapat menyebabkan terjadinya jungkir pada saat pembongkaran material. Pada kondisi dimana pembongkaran muatan dilakukan pada tempat yang sempit dan panjang maka pemakaian truk dan tractor wagon jenis ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Bottom-Dump
jenis ini mengosongkan muatannya dengan cara ditumpahkan ke bawah, material yang diangkut oleh Bottom Dump (Tractor Wagon)dikeluarkan melalui bagian bawah bak yang dapat dibuka di tengah-tengahnya. Pintu bak adalah sisi bagian bawah memanjang dari depan ke belakang. Pintu-pintu tersebut digerakkan secara hidrolis. Bottom Dump umumnya mengangkut material lepas seperti pasir, kerikil, batuan sedimen, lempung keras, dan lain- lain. Pembongkaran material dilakukan pada saat kendaraan bergerak. Kelandaian permukaan di mana alat tersebut digunakan sebaiknya kurang dari 5% karena bentuk dari alat tersebut tidak memungkinkan untuk daerah yang terjal dimana pembongkaran muatan dilakukan pada tempat yang sempit dan panjang maka pemakaian truk dan tractor wagon jenis ini merupakan pilihan yang tepat.

B.Jenis-Jenis Dump Truck Yang Berada di Pasaran
1. Articulated Dump Truck merupakan kombinasi dari traktor – trailer, dimana kabin dan dump body – nya dapat bergerak secara bebas dan fleksibel ketika melewati lahan yang basah dan berlumpur. Jenis truk ini pun dapat digunakan untuk mengangkut beban di medan kasar dan tak beraturan. Articulated dump truck juga dapat memuat material yang lebih banyak dengan jarak yang lebih panjang. Apabila kondisi lahan yang dilalui bekas tanah galian dan timbunan yang berlumpur, maka Articulated Dump Truck perlu dikombinasikan lagi dengan motor grader yang mempercepat waktu siklus.
Articulated Dump Truck memiliki 6 karakter sebagai berikut:
a. Artikulasi pengoperasian mesin yang mudah
b. Tabung osilasi dan engsel artic, menyebabkan dump truck dapat berputar 360o dan memastikan keenam roda tetap berhubungan dengan tanah. Hal ini membuat truk lebih stabil, keselamatan terjamin, dan pemanfaatan mesin yang lebih efisien.
c. Articulated Dump Truck terbuat dari bingkai baja yang sempurna dan tahan lama
d. Sistem dump truck yang kuat dapat mengangkut muatan lebih besar.
memudahkan dump truck beroperasi dalam berbagai kondisi. Adapun keuntungan dari Articulated Dump Truck adalah dapat mengangkut di medan kasar, licin ataupun tanjakan dapat dikatakan ADT unggul dalam daya dukung. Tetapi ADT mempunyai kekurangan, yaitu tidak dapat mengangkut material dengan kapasitas lebih dari 50 ton metrik.
2. Rigid Dump Truck merupakan jenis dump truck yang berdasarkan sistem geraknya adalah kaku. Kegunaan jenis dump truck ini hampir sama dengan Articulated Dump Truck. Alat ini cocok untuk digunakan untuk mengangkut material pada jarak menengah sampai jarak jauh (500 meter atau lebih). Alat berat ini memiliki beban kerja yang besar, sehingga pemilik alat berat harus menjaga availabilitas alat setinggi – tingginya. Rigid dump truck mempunyai suatu rangka kaku yang menyatukan kabin dan dump body – nya, sehingga rigid dump truck tidak dapat bergerak secara bebas dan fleksibel ketika dioperasikan pada lapangan keras, berat muatan dapat menyebabkan rangka kaku tersebut memutar yang dapat memungkinkan dump truck tersebut berguling, keadaan seperti itu apabila terjadi terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.
- Adapun kelebihan rigid dump truck adalah memiliki kapasitas yang besar dan melebihi Articulated Dump Truck dapat mengangkut hingga 400 ton. Sedangkan kekurangan Rigid Dump Truck adalah mempunyai body yang besar, sehingga alat berat ini harus mempunyai ruang gerak yang besar dan gerak yang tidak fleksibel.

3. Minning/Quarry Dump Truck merupakan tipe dump truck yang biasa digunakan di daerah pertambangan yang berfungsi untuk mengangkut hasil – hasil tambang seperti batu bara. Truk ini mempunyai kapasitas angkut yang sangat besar, sehinngga perawatannya pun relatif mahal. Berdasarkan sistem geraknya Quarry Dump Truck termasuk kaku sehingga kinerja alat berat ini sama dengan Rigid Dump Truck, yang membedakan adalah fungsi disaat penggunaan pada waktu pelaksanaan.

 

Keunggulan jenis alat berat ini dapat mengangkut material yang baru ditambang dari tempat penambangan dengan kapasitas besar. Sedangkan kekurangan alat berat ini adalah gerak yang tidak fleksibel dan membutuhkan ruang gerak yang besar. 4. Standard Dump Truck Standard Dump Truck adalah truk yang dapat dikosongkan tanpa penanganan. Dump truck biasa digunakan untuk mengangkut material keperluan konstruksi. Standard Dump Truck dilengkapi dengan bak terbuka yang dioperasikan dengan bantuan hidrolik, bagian depan dari bak bisa diangkat keatas, sehingga memungkinkan material yang diangkut bias turun ke tempat yang diinginkan.

4. Transfer Dump Truck merupakan Standard Dump Truck yang dapat menarik trailer terpisah dan dapat mengangkut material keperluan konstruksi seperti (kerikil, pasir, aspal, dll). Biasanya jenis dump truk ini terdapat 2 bak A dan B. Material kedua yang berada di trailer (bak B), didukung dengan listrik, pneumatic bermotor atau hydraulic line. Material yang berada di bak B di transfer ke bak kosong (bak A) yang ada di depannya dengan cara diluncurkan dengan mengandalkan roda kecil yang bergerak seperti rel. Hal tersebut yang dapat memaksimalkan kapasitas muatan tanpa mengorbankan kemampuan manuver dari Standard Dump Truck. Konfigurasi lain yang terlihat disebut Triple Transfer Train, yang terdiri dari bak B dan C, Tergantung pada pengaturan porosm Triple Transfer Train dapat mengangkut hingga 129.000 kilogram (280.000 pound) dengan izin khusus di negara – negara tertentu.
Hasil gambar untuk transfer Dump Truck

C.Bagian-Bagian Dump Truck
1.Dump Body
2.Rock Ejector
3.Final Drive
4.Oil retarder Tank
5.Steering & Hois tank
6.Front Wheel
7.Turn Signal lamp
8.Head lamp
9.Radiator
10.Canopy Spill Guard





DAFTAR PUSTAKA sumber :
http://fungsialat.blogspot.co.id/2016/11/fungsi-alat-berat-dump-truck.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produktivitas Dump Truck

Produktivitas Dump Truck Waktu siklus : Waktu siklus yang ada pada perhitungan produksi loader terdiri dari beberapa komponen, pembagia...